Assalamualaikum.. welcome to my blog, guys..!! ^_^

Adsense

Sunday, September 01, 2013

Kenali Beberapa Istilah dalam Marching Band

Marching Band Gema Samudra Pasai MAN Tuban
Sejak kecil Ifah udah nggak asing lagi sama yang namanya marching band. Dulu, kakak pertama Ifah sering ikut dalam tim marching band. Udah jadi hobby kalau disuruh ikutan nonton alunan musik yang identik dengan seragam berkerlap-kerli dan topi menara berbulu ini. Nah, tahukah kalian istilah-istilah atau nama-nama yang sering digunakan dalam sebuah marching band? Gitapati atau dirigen? Paramanandi atau mayoret? grup bendera? dan lain-lain. Kali ini ifah bakalan share tentang istilah-istilah keren yang mungkin sebagian dari teman-teman belum tahu namanya. Ini Ifah ambil dari catatan Glosarium kata dari novel 12 Menit karya Oka Aurora. Nggak perlu lama-lama, ini dia uraiannya :)

Battery
Unit dalam marching band yang bertugas memimpin tempo permainan dengan memainkan alat musik perkusi (pukul). Beberapa diantaranya adalah snare drum, bass drum, quarto, cymbal dan lain-lain.



Brass
Alat musik tiup yang terbuat dari logam. Contohnya Tuba, trompet, euphonium, mellophone dan french horn.

Cadet Band
Cadet band itu ibaratnya sebutan untuk anggota tim baru. Sebelum masuk tim inti, mereka akan dilatih intensif dulu tentang musik yang dipengang di cadet band ini.

Department
Pembagian dalam marching band berdasarkan alat musik atau posisi dalam satu unit tim. Contohnya percussion, brass dan color guards.

Section
Ini adalah pembagian selanjutnya dari department. Semisal dari percussion department ada battery section dan pit section.

Color Guards
Sebutan untuk departemen yang bertanggung jawab memperindah penampilan musik unit marching band dengan tarian dan alat-alat lain. Yang sering digunakan adalah bendera atau tongkat-tongkat hias.

Drum Corps
Sebutan lain dari marching band.

Field Commander 
Pemimpin dalam sebuah marching band saat tampil di lapangan. Jadi seorang FC harus memiliki musikalitas yang tinggi, karena tugasnya sagat berat. Dia harus bisa mengatur tempo dan menjaga tinggi rendahnya nada.

Front Ensemble
Dulu disebut pit percussion, karena posisi pembawa melodi berada dalam sebuah kota kecil yang disebut pit terletak di depan panggung. Dengan berjalannya waktu, istilah diubah menjadi front ensemble untuk memperindah penamaannya. Biasaya terletak di posisi statis di depan dan tidak mengikuti gerak formasi dengan anggota yang lain. 

Mallet Percussion
Bagian perkusi yang menghasilkan melodi. Tim ini termasuk dalam front ensemble. Nama alat pukulnya disebut "Mallet", bentuknya sendiri seperti stik dengan pentul di ujungnya. Tangkainya biasa terbuat dari kayu atau logam, sedangkan pentulnya terbuat dari plastik atau karet yang dibungkus anyaman benang. Sebagian alat musiknya adalah Xylophone, marimba, vibraphone dll.

Rudiment
Teknik dasar memukul perkusi. Paling tidak ada 40 rudiment yang masing-masing memiliki pola dan ritme sendiri. Ada beberapa teknik dasar pukulan ini antara lain stroke, roll, diddle dan flam. Dan selenjutnya ada pengembangan kembali.

Baik, terima kasih teman-teman semua. Walaupun  nggak jadi dalam satu tim marching band, paling tidak kita bisa tahu apa saja sih yang ada dalam sebuah tim marching band itu. Kalau ada kesalahan dalam pemahaman maksud, arti dan penulisan mohon dikoreksi, ya. Terima kasih, teman-teman.. ^^




4 comments:

  1. wahhh makasih mbak informasinya bermanfaat sekali. jadi lebih paham lagi mengenai istilah di marching band. sebelumnya saya tidak terlalu mengerti tentang istilah-istilah itu karena terdengar sangat asing dan sekarang saya jadi tau lebih. makasih yaa

    ReplyDelete
  2. makasih informasinya bermanfaat sekali. lagi belajar tentang marching band ini hehehee

    ReplyDelete