Assalamualaikum.. welcome to my blog, guys..!! ^_^

Adsense

Monday, January 19, 2015

SoundCloud, Media Meluapkan Perasaan Selain Blog

Ada apa ini ada apa.. Setelah seharian nggak kuliah dan milih belanja ke supermarket karena niatan buat donat, badan rasanya capek banget meski terobati dengan jadinya donat dan roti goreng isi abon karya Ifah dan mas Didin. Serunya minta ampun. Dari resep yang diolah lagi dengan pikiran sendiri, toh sejak pagi akhirnya jadi juga kuenya.

Donat dan roti isi abon hasil karya Ifah dan Mas Didin

Nah, itu adalah salah satu dunia menyenangkan Ifah yang begitu berbeda dengan dunia-dunia yang lain. Selain nulis, masak kue, gambar ada juga dunia baru yang sejak pertengahan tahun lalu Ifah coba tekunin. Apa itu?

Musik.

Ya, ya.. tahu dong musik sudah jadi separuh hiburan yang Ifah paling suka banget selain nulis. Mendengarkan musik tentu saja, tapi Ifah mikir nggak asik aja kalau jadi pendengar. Lalu? Ifah yang buat musik itu.

Begitulah, salah satu akun yang membantu banget adalah SoundCloud. Tahu nggak sosial media yang khususon soal berbagi musik/suara ini? Ifah kenalnya sekitar SMA kelas 2. Iseng-iseng browsing dan nemu seseorang yang ngeposting suaranya lagi nyanyi. Tergugah ikutan buat waktu salah satu teman twitter Ifah punya akun SoundCloud terus pamerin suara dia di sana.

"Asik juga, ya? Coba ahh"

Dari rasa penasaran pengen coba, buatlah akun pertama SoundCloud Ifah. Awalnya masih malu-malu juga. Rekaman waktu wawancara dengan Bu Warni (beliau seorang sinden) yang bersedia nembang Ifah masukin di akun Ifah itu. Lumayan ada respon dari jumlah playnya. Seneng, dong.

Akhirnya nekat iseng-iseng ngerekam suara pakai ponsel. Kemrosok tapi syahdu.. (noisenya bikin kegi, tapi suara Ifah lumayan lah). Bermodal ikut padus waktu SD, Ifah mulai suka rekam-rekam suara cover lagu penyanyi-penyanyi yang Ifah suka.

Pada mulanya, Ifah ngerekamnya dari ponsel, terus dari laptop. Caranya Ifah cari video karaoke di Youtube dan nyanyi lewat webcam. Ngerekam video dong? Iya, hasil video itu langsung Ifah convert ke  mp3 pakai aplikasi Format Factory. Selanjutnya tinggal upload deh.

Lama-kelamaan ngerasa juga kualitas suara masih nggak bagus-bagus juga. Apalagi buat rekamannya sedikit ribet walaupun lumayan jernih dibanding ngerekam di ponsel. Setelah lama-lama mikir, ketemu juga solusinya. Ada satu aplikasi buat Ifah rekaman lebih nyaman dan menyenangkan.

Pakai aplikasi apa?

Namanya Audacity. Itu adalah aplikasi rekam dan edit suara yang bisa Ifah bilang ini aplikasi kece banget. Begini penampakannya.

Salah satu sound yang pernah Ifah coba buat. Lagunya Ariana Grande



Di aplikasi ini Ifah biasa buat rekaman soundnya. Biasanya Ifah akan rekam dulu instrumennya di aplikasi EOP Audio, aplikasi ini adalah aplikasi rekam suara yang hasil akhirnya langsung jadi mp3. Ifah biasa main gitar atau keyboard dulu dan ngerekam disini. Selanjutnya Ifah akan drag and drop di Audacity buat langsung cuss take suara.

Tapi.. lagi-lagi masalah noise alias kemrosok. Ini dikarenakan suara sekitar Ifah juga ikut masuk. Apalagi kalau pas rekaman suasana lagi rame. Nggak usah kaget kalau sound Ifah sering nggak jelas. Suara Ifah akan langsung masuk ke laptop setelah klik tanda lingkar merah yang berbarengan dengan mulainya musik instrumennya.

Masalahnya, Ifah nggak pakai alat lain buat ngejernihin suara Ifah alias suara langsung masuk ke laptop tanpa mic atau apalah itu namanya. Setelah sekian uploadan sound, Ifah baru nemu cara alternatifnya. Dengan menggunakan mic di earphone. Yah.. jadi telinga disumpal sound kecilnya itu, mulut nyanyi di depan mic kecil earphone. Kelar!

Kualitas sound mulai naik. Sampai sekarang juga sering pakai itu walaupun sekarang kebanyakan nyanyi live sambil main gitar atau keybord dan langsung rekam. Tapi sesekali Ifah juga pakai mic beneran yang Ifah colok ke laptop. Suara juga jernih dan noise lumayan berkurang.

Yang penasran sama akun SoundCloud Ifah, bisa klik di menu SoundCloud ya! Kalau nggak mau ribet bisa juga dengerin salah satu sound Ifah di sebelah kanan blog ini. Okeh!!

Yang penasaran bingit sama suara Ifah bisa segera di dengarken!

Dadahhhh!! ^_^

No comments:

Post a Comment