Assalamualaikum.. welcome to my blog, guys..!! ^_^

Adsense

Friday, October 12, 2018

Yang Perlu Dipersiapkan Jika Ikut Lomba ke Luar Kota/Daerah Lain

Hai, semua!
Assalamualaikum!

Ini adalah tulisan random yang tiba-tiba saja kepikiran. Siang ini ada teman yang bakal ikutan lomba ke luar daerah sempat ngechat masalah barang bawaan. Sekiranya bisa membantu, aku ada beberapa saran soal apa, sih, yang kudu dipersiapkan saat akan keluar daerahmu untuk ikut sebuah kompetisi.

Sebenarnya memang belum banyak pengalaman untuk masalah ini. Tapi, paling enggak modal beberapa kali ikutan lomba yang membutuhkan waktu cukup lama di luar tempat kita tinggal, bisa membantu kalian yang bingung mau bawa apa dan mempersiapkan apa saja. Perlu aku garis bawahi kalau tips ini bisa dipakai untuk kalian yang akan bepergian dalam rangka ikutan lomba.

Nah, biasanya yang tingkatnya agak tinggi, kompetisi diadakan di suatu tempat dengan jangka waktu tertentu. Ya, karena banyaknya lomba yang akan diadakan berimbas pada semua orang yang kudu stay di sana sampai rangkaian acara selesai. Kira-kira yang sempat aku ikuti, lomba-lomba macam ini paling tidak berjalan selama satu minggu. Bisa kurang bisa juga lebih. Untuk itu, selama kurun waktu itu, kalian perlu memperhatikan apa saja yang dibutuhkan selama mengikuti kegiatan itu.

Ingat, ini bukan mau pergi kuliah ke luar kota yang bakal stay lama banget ala orang pindahan. Hanya sementara waktu kalian tinggal di sana, somewhere kalian akan berjuang untuk sebuah event. Bisa juga dibilang posisi kalian adalah semi-pindahan. Begitulah..

Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui dulu sebelum mempersiapkan semuanya.

Lomba di mana (Tempat)
Point pertama ini penting untuk dijadikan patokan awal tindakan selanjutnya. Kalian akan lomba di mana? Perlu sekali mengetahui iklmi dan kondisi alam di tempat kalian nanti. Di sana kalian bukan mau jalan-jalan. Kalian akan berkompetisi. Mengetahui medan adalah modal para superhero melakukan serangan. Apakah tempatnya punya iklim dingin, kering, panas, sejuk? Kalian bisa persiapkan pakaian yang sesuai dengan kebutuhan sesuai kondisi alam di sana seperti jaket.

Waktu
Nah, kalau sudah tahu kalian akan kemana, kali ini perlu dibutuhkan perhitungan kebutuhan selama hidup di sana. Cukup tidaknya untuk hidup seminggu? Sebulan? Kita akan bahas nanti.

Baiklah, setelah kedua hal ini paham. Mari kita bahas, sekiranya barang apa saja yang bisa dan arus kita bawa.



1. Koper, Ransel, dan Tas Kecil.
Kenapa ini penting, tentu saja. Kapasitas barang yang kita bawa harus muat di koper yang kita bawa. Persiapkan pengamanan seperti gembok dan kunci atau memang komposisi sandi yang biasa ada di koper. Terutama ketika naik pesawat atau kereta. Barang-barang kalian harus dipastikan aman, ya!
Mungkin ngga hanya koper atau tempat barang utama, kalian bisa bawa tas punggung untuk menampung barang-barang khusus, seperti perlengkapan lomba kalian, laptop, dokumen, dll. (jika itu dibutuhkan). Dan satu lagi, kalian bawa tas kecil tambahan untuk kalian gunakan sehari-hari di lokasi untuk sekadar tempat dompet, tisu, ponsel, make up, obat, dll. Penting juga loh, misal mau jalan ke mana. Nggak lucu kan kalau mau cari makan saja kudu bawa ransel atau lebih parahnya ngegeret koper :)

2. Dokumen Penting
Dokumen penting yang aku maksud bukan surat tanah, KK, atau apalah itu, ya. Tapi dokumen yang dibutuhkan untuk masalah lomba kalian. Paling enggak kalian biasa bawa KTP atau ID card kalian sebagai identitas. Buku catatan bagi yang masih senang corat-coret.

3. Pakaian
Nah, ini yang sering diributkan. Mau bawa berapa potong baju? Begini, perhitungkan kondisi kalian di sana. Kebanyakan sejauh pengalaman yang pernah aku hadapi ya, susah banget untuk cari watu cuci pakaian. Belum lagi kondisi tempat menginap yang nggak memungkinkan untuk pasang tali jemuran. Jadi, perhitungkan saja sekiranya bawa berapa potong. Aku cuma bisa kasi rincian pakaian aa saja yang kudu kalian bawa.
- Pakaian wajib (seperti seragam atau outfit wajib dari penyelenggara lomba)
- Pakaian/setelan bebas rapi (bisa untuk acara pertemuan tapi kesan santai)
- Pakaian santai (untuk dipakai keseharian kalau ada waktu luang)
- Baju tidur (opsional, sebenarnya bisa pakai pakaian santai, sih. Kalau nggak bingung sama bau iler kamu, hehe)
- Jaket (serius, menurutku ini salah satu barang yang wajib banget)
- Dalaman (ini penting biar nggak gatel)
Itu dia. Bisa kalian bagi seperti bebas rapi bawa 3 potong saja. Baju santai 3, dll. Sesuai kebutuhan kalian juga, sih.

4. Obat-obatan
Bagi yang seperti aku, dibilang apotek berjalan itu tidak masalah, kawan. Itu untuk kebaikan kamu juga. Nggak ada yang tahu, kan, apa yang terjadi di sana nanti. Belum lagi, yang konsumsi obat-obatan khusus. Pernah kejadian aku kalang kabut karena obatku habis dan nggak ada di apotek sana. Stok juga perlu diperhatikan.

5. Kebutuhan Elektronik
Wah, ini juga penting untuk kita yang mobilitasnya tinggi dengan gadget. Bawa powerbank jika perlu, flah disk untuk penyimpanan data darurat, charger ponsel, kabel data, colokan juga nggak kalah penting.

6. Mengetahui Jaringan Seluler
Ini paling rawan. Sering banget dilupakan dan bisa bikin kacau kalau sudah nyampek. Cari tahu lebih dulu jaringan seluler yang digunakan di tempat kalian nanti itu apa. Karena aku pernah kejadian, banyak yang harus buang nomor seluler mereka karena nggak ada jaringan. Alhasil, banyak yang beli nomor baru. Ampun!

7. Perlengkapan Mandi
Sedisediakannya itu di tempat menginap. Lebih nyaman dengan tetekbengek punya kita sendiri. Am I right?

8. Barang-barang Darurat
Hum, seperti apa itu? Sebut saja sendal, beberapa kantung kresek kecil atau besar (bisa untuk tempat pakaian kotor, dll), payung (kalau tiba-tiba saja hujan atau panas saat kalian perlu keluar ke suatu tempat, ini butuh), dan apapun yang sedang kalian pikirkan sekarang. Hayo apa? Hehehe..

Rempong? Yups, maklum aku cewek. Biasanya cowok nggak seribet ini. Cuma, ada baiknya beberapa hal ini bisa diperhatikan. Baiklah, semoga segalanya lancar dan sukses! Semoga dapat membantu, ya!

Tulis komentar jika masih ada yang perlu ditambahkan.

Thanks,
Sifah N

No comments:

Post a Comment