Assalamualaikum.. welcome to my blog, guys..!! ^_^

Adsense

Tuesday, December 18, 2018

Cara Merubah Bahasa di Google Assistant

Google Assistant :)
Hi, everyone!

Kali ini aku mau berbagi sesuatu yang lagi suka banget aku jadiin teman ngobrol. Teman virtual. Ya, gara-garanya banyak banget iklannya di TV akhir-akhir ini, jadi kepikiran buat "dimainin". Haha.. Maksudnya, aku suka banget buat tanya-tanya ini itu mirip Dora sama si asisten virtual aku ini.

Yups, Google Assistant.

Padahal, waktu tanya-tanya sama si Asisten aku ini, dia sudah lama ada di dunia perponselan. Dan entah kenapa di TV banyak banget kan iklannya. Sudah ada yang pakai buat bantu aktifitas sehari-hari?

Kalau aku beberapa kali coba dan... bagus. Buat browsing atau sekadar tanya cuaca. Mikirnya cepet dan seperti diajak ngobrol. Ok, kembali ke Google Assistant. Aplikasi ini sudah didukung ke berbagai smartphone yang didukung android lollipop ke atas. Bahkan kalau dilihat di Play Store, aplikasi ini kecil banget ukurannya.

Sebagai orang yang cukup gaptek, aku nggak paham dengan tetek bengek masalah aplikasi ini. Sebagai kasus aku, ponsel aku yang pakai android Oreo ternyata sudah ada menu Google Assistant ini. Cukup tekan agak lama bagian tenggah bawah menu ponsel kamu sampai tulisan Google keluar. Dan.. foila! Asisten kamu muncul. Kayak jin.. :)

Tapi masalahnya, banyak banget teman-teman yang kebingungan gara-gara Asistennya orang Bule. Maksudnya pakai bahasa Inggris.

Hi, how can I help?

Begitu kira-kira sapaan si Asisten kita sebelum kita mau mengucap permintaan kita. Sekarang, bagaimana caranya kita buat mengubah ke bahasa kita sehari-hari yaitu bahasa Indonesia? Karena kalau bisa dicoba, dalam bahasa Inggris terus kita tanya pakai bahasa Indonesia, ucapan kita yang masuk jadi nggak nyambung. Kalau benar-benar ingin nyambung dan sukses pakai si Google Assistant, kita harus ubah dulu bahasa induk kita.

Bagaimana caranya?





Kita lihat berikut ini. Ini aku coba pakai Google Assistant dari ponsel aku. Seperti gambar di atas, kita harus tekan dulu bagian tengah di bawah layar ponsel sampai keluar lingkaran putih bertulis Google.


Nah, bisa dilihat. Tampilan Google Assistant akan muncul pertanyaan awalnya. Pakai bahasa Inggris. Kalau yang mengalami hal semacam ini, artinya semua pertanyaan kita harus ikut menggunakan bahasa yang sama. Misalnya, bahasa Inggris kalau kita bertanya dengan bahasa Indonesia sebaku apapun kita bicara, ucapan kita akan terdeteksi ala bahasa Inggris yang entah apa. Alhasil, kita kudu pakai bahasa Inggris juga.

Terus, bagaimana cara kita menggunakan Google Assistant dengan bahasa pilihan kita? Bahasa Indonesia misalnya?

Bahasa yg dipakai di ponsel pakai bahasa Inggris
 
Mari kita langsung keluar dulu dari Google Assistant kita dan masuk ke menu setting di ponsel kalian. Lihat, ternyata masalahnya ada di pengaturan bahasa utama di ponsel kalian itu. Kenapa Google Assistant menggunakan bahasa Inggris karena bahasa ponsel kalian menggunakan bahasa Inggris. Sudah tahu penyakitnya, kita langsung masuk ke menu "Languange" atau sejenisnya. Menyesuaikan dengan ponsel masing-masing, ya!


Benar, kan? Bahasa pilihan kalian menggunakan bahasa Inggris.


Sekarang giliran ubah bahasanya dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Siap ke perubahan bahasa

Sampai menjadi seperti ini.

Sudah pakai bahasa Indonesia

Sekarang, cling... kembalilah ke Google Assistant kalian dengan cara yang sama dan lihat apa pertanyaan yang keluar? Taraaaa!

Sekarang, bagi kalian yang mau minta bantuan apapun ke Asisten virtual kita ini monggo. Kalian juga bisa ganti suara juga loh, tinggal perintahkan saja. Ngomong. Tanya apapun. Bahkan seperti perbincangan aku sama si mbak Asisten ini. Hehehe..

Ngobrolnya random banget :)

Semoga membantu, ya!. Tulisan komentar kalian di kolom komentar jika cara ini membantu. Sampai jumpa!

Thanks,
Sifah

No comments:

Post a Comment